Monday, April 5, 2010

Cara Budidaya sarang burung walet

A. Sepintas tentang burung walet
Burung walet merupakan burung yang mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia .burung ini adalah pemakan serangga yang suka meluncur, Ukuran burung ini kecil warnanya gelap dan dapat terbang dengan cepat. Burung walet memiliki sayap seperti bulan sabit. Burung walet menyukai gua dan tempat-tempat yang lembab.
Di Indonesia sudah cukup banyak masyarakat yang telah membudidayakan sarang burung walet baik untuk di konsumsi maupun untuk pengobatan. untuk daerah penyebaran budi daya sarang burung walet kawasan Jawa Barat diantaranya terdapat di daerah cibadak, cisaat, cibolang, cicurug, parung kuda dan pelabuhan ratu yang notabenenya merupakan kawasan Kabupaten Sukabumi.
B.Penentuan lokasi
Untuk membudidayakan sarang burung walet hal pertama yang harus kita perhatikan adalah lokasi untuk rumah burung walet tersebut, di mana kita harus memperhatikan hal-hal berikut :
 Cuaca harus sejuk dan lembab
 Kondisi lingkungan harus tenang atau tidak bising
 Lahan harus cukup luas
 Daerah Jauh dari jangkauan burung pemangsa
 Dekat dengan derah persawahan,danau atau laut

C. Teknis pembuatan gedung
Untuk membangun satu gedung sarang burung walet di butuhkan dana yang cukup besar karena di setiap ruangan di butuhkan banyak sirip untuk tempat burung walet membuat sarang yang biasanya sirip-sirip tersebut terbuat dari kayu jati agar lebih awet dan tahan lama. Selain itu stiap tembok juga harus d olesi ramuan yang terdiri dari telur bebek dan tepung ikan kemudian ruangan juga harus di semprot dengan cairan khusus untuk merangsang agar burung walet merasa nyaman dengan tempat tersebut.
Biasanya gedung walet berupa gedung besar luasnya bervariasi dari 10x15m2 sampai 10x20m2. Semakin tinggi atap gedung semakin baik dan disukai burung walet.sebaiknyaa atap terbuat dari genting. Gedung walet perlu dilengkapi dengan roving room sebagai tempat untuk berputar-putar.lubang tempat keluar masuk burung walet berukuran 20x40 atau 20x50cm2 jumlah lubang tergantung pada luasnya gedung walet. Letak lubang janggan di letakan ke arah timur dan dinding lubang di cat hitam.

Karena burung walet membutuhkan tempat yang lembab tingkat kelembapan antara 85-95 % maka kita harus menyediakan air di setiap ruangan,biasanya dengan menggunakan bak mandi yang terbuat dari fiber yang dilengkapi dengan keran sebagai penyalur air.

D.Jenis
Klasifikasi burung walet adalah sebagai berikut:
Superoder :Apomorphae
Order :Apodifomess
Sub Family :Apodenae
Tribes :Collacalini
Genera :Collaccalia

E.manfaat

Hasil dari budidaya sarang burng walet adalah liurnya (saliva). Selain harganya yang tinggi sarang walet juga sangat berguna di dalam dunia kesehatan. Sarang walet sangat berguna untuk menyembuhkan sakit paru-paru, panas dalam, melancarkan peredaran darah dan penambah tenaga.

F.Cara perawatan

Memelihra burung walet tidak sesulit memelihar hewan ternak lainya.kita cukup mengontrol kelembapan udara serta membersihkan kotoran walet yang menumpuk di lanti tetapi sebiknya kotoran walet tidak dibuang cukup di kumpulkan saja di pinggir kandang karena di kotoran walet terdapat bau yang khas yang merangsang walet lain untuk datang. Untuk sumber makanan burung walet akan mencari sendiri di sekitar gedung sehingga kita tidak perlu menyiapkan pakan khusus.

G.Hama

Hama-hama yang biasanya mengganggu burung walet adalah
• Tikus
• Toke
• Kelalawar
• Kecoa
• Semut

H. Panen

Untuk waktu pemanenan di anjurka paling cepat 2 bulan dan paling lambat 4 bulan karena jika terlalu cepat bentuk sarang burung walet belum sempurna dan bila terlalu lama maka kwalitas sarang burung walet akan berubah serta warnanya akan berubah lebih kusam. Untuk teknis cara pemanenan pemilik gedung walet harus harus memiliki alat khusus serta teknik khusus karena apabila diambil sembaranga sarang walet akan hancur dan akan menurunkan nilai jual sarang burung walet.

2 comments:

  1. Numpang promo,
    Saya punya sarang walet gedung / rumah
    kwalitas putih bersih.

    Daftar harga:
    1. Mangkok Rp. 10 Juta/ Kg.
    2. Sudut Rp. 7 Juta/ Kg.
    3. Patahan Rp. 5 Juta/ Kg.
    4. CampurRp. 6 Juta/ Kg.
    bisa nego
    Yg minat silahkan
    hub: 081241485432

    ReplyDelete
  2. CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

    Yuk Buruan ikutan bermain di website CrownQQ
    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    10 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66
    => Perang Baccarat
    => Perang dadu (NEW GAME)

    Promo Yang berlaku
    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 10 Permainan Menarik
    => Menyediakan deposit Via Pulsa

    Link Resmi CrownQQ:
    - hokicrown.com
    - hokicrown.net
    - hokicrown.org

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : CrownQQ
    WHATSAPP : +6287771354805
    Line : CS_CROWNQQ
    Facebook : CrownQQ Official
    Kemenangan CrownQQ : Agen BandarQ

    ReplyDelete